Ketika tertarik, kagum, suka, sayang dan cinta itu berbeda

Masa SMA adalah masa dimana lo lo semua merasakan apa itu yang namanya cinta monyet,  kadang lo sendiri gak tau apa yang terjadi di hati ataupun pikiran lo, lo nggak bisa menjelaskan itu semua .
disetiap lo ngeliat si dia, hati lo tiba-tiba berdebar nggak karuan, disaat si dia nyapa lo dan ngajak ngobrol keringat dingin mulai bercucuran di sekujuran tubuh lo, dan ketika si dia mulai memperlihatkan senyum nya yang manis terhadap lo, lo  udah nggak sanggup untuk berdiri lagi .

peristiwa diatas adalah hal-hal umum yang terjadi pada anak remaja seperti kita-kita ini, biasanya perasaan itu hanya akan bertahan beberapa minggu saja, tetapi ada kalanya ternyata perasaan kita lebih dari sekedar tertarik, kagum ataupun suka . hari demi hari bulan demi bulan kita lalui, perasaan di hati takkan terganti, kita masih saja selalu merasakan hal yang sama, umumnya remaja bilang "Apakah ini yang namanya CINTA?" dan sebagian remaja lain nya dengan mudah saja berkata "Aku Cinta Kamu" padahal mereka salah besar, cinta bukan hanya sekedar itu, cinta lebih dari itu .


Dan lo semua pasti penasaran  kan sama apa itu cinta, dan apa bedanya dengan sayang, suka atau sebagainya . dan kalian juga pasti ingin tau, apa yang sedang terjadi di hati kalian saat ini, tertarik kah? kagum kah? suka? sayang? atau malah kalian sudah merasakan apa itu cinta?
Menurut IDNtimes.com perasaan terbagi atas Tertarik, Kagum, Suka, Sayang dan Cinta !


Walau mendefinisikan perasaan sangat susah, tapi setidaknya perbedaan ini bisa membantu lo untuk tau isi hati
kita mulai dari perasaan yang 1/1000 dari cinta, yaitu TERTARIK

1. Tertarik 
 Rasa tertarik biasanya muncul paling pertama kali. perasaan ini biasanya menyelip muncul ketika tidak sengaja lo menemukan sesuatu didalam diri si dia. Rasa tertarik ini adalah perasaan paling mendasar sebelum lo bisa merasa kagum sama si dia . kalau lo nggak tertarik sama si dia, ya lo berarti nggak bisa kagum sama si dia itu apalagi cinta.

Waktu lo tertarik, ada satu hal kecil dari diri si dia yang membuat lo ingin mengenal dia lebih jauh lagi . gue yakin, setiap orang memiliki daya tarik yang hanya dianggap menarik oleh seseorang atau sebagian orang saja .
 Contohnya lo adalah orang yang percaya diri, bagi sebagian orang itu menyebalkan tetapi bagi sebagian lain nya lo dianggap keren atau apalah sehingga sebagian orang itu tertarik sama lo.

Rasa tertarik ini mudah sekali untuk pudar, apalagi bila tidak dibarengi dengan kemauan untuk mengenal sia dia lebih dalam lagi. dengan frekuensi pertemuan dan interaksi yang sedikit, rasa tertarik itu mungkin akan mengapung disana. menjadi sekadar rasa tertarik, tanpa bisa bertumbuh menjadi rasa kagum . 

2. Kagum

Rasa kagum itu bisa muncul kapan saja, dimana saja, sama siapa saja dan biasanya muncul setelah rasa tertarik muncul . Rasa kagum biasanya muncul setelah lo tertarik sama si dia, lo jadi kagum karena orang itu memiliki kelebihan yang menurut lo menarik .

Contohnya nih, lo kagum sama temen lo yang kalau main piano itu keren banget, atau lo kagum sama cara dia bicara ke orang-orang .
Biasanya, rasa kagum ini sifatnya sementara. ketika lo menemukan seseorang yang dapat membuat lo berdecak kagum lebih keras, maka rasa kagum lo pada orang yang lama bisa saja hilang. Tapi ingat gaes, rasa kagum itu benih dari cinta, yang kalau disirami terus pasti akan tumbuh.
Bedanya kagum sama rasa lain nya? saat lo mengagumi seseorang, lo akan selalu memperhatikan sisi luar nya saja, dan ketika si dia tidak mencapai ekspektasimu, maka ucapkan sampai jumpa dengan si dia .

3. Suka
 Ketika lo udah tertarik dan kagum sama si dia, lama kelamaan lo bisa suka sama si dia. Bagaimana bisa? entah gue juga nggak tau . tapi mungkin awalnya lo kagum karena sifatnya yang super duper pengertian. lo heran karena di dunia masih ada orang yang bisa ngertiin lo. secara tidak sadar lo membuka lapis demi lapis tentang dirinya dan akhirnya lo suka sama dia .

Lo ingin dia jadi milik lo . kadang rasa suka itu sifatnya egois karena secara tidak sadar, kita menuntut orang lain untuk tetap berlaku seperti yang telah dia lakukan sebelum nya. melakukan hal-hal yang membuat kita suka padanya. Kadang di tahap suka ini, lo merasa sudah mengenal si dia sepenuhnya. padahal sebenernya lo cuman sok tau, lu masih belum tau sisi lain dari si dia .pada kenyataan banyak orang yang berpaling karena tau sisi lain tersebut. apakah lo juga termasuk? semoga saja tidak .

4. Sayang

 Rasa sayang ini porsinya lebih besar dari rasa suka. kalau di restoran, bisa dibilang rasa sayang itu porsi jumbo. rasa suka lo udah terakumulasi dan kini berubah menjadi sayang. Rasa ingin memimili, menghabiskan waktu bersama . lo bisa dibilang sayang si dia saat lo sadar ingin bertemu dirinya setiap hari karena lo senang dan nyaman di sisinya .
Lo merasa sayang padanya saat lo melihat dia dari hati lo, bukan sekedar kulit luar nya saja. lo tau sifat-sifat jelek nya yang menyebalkan tetapi lo berusaha untuk menemukan solusi untuk diri lo pribadi dan juga dirinya .

 ketika lo sayang seseorang, lo berusaha supaya kalian berdua bisa bersatu, saling memiliki selamanya . sebisa mungkin lo akan menjadi yang terbaik untuknya dan berharap dia juga akan menjadi yang terbaik untuk diri lo
secara tidak langsung, ada tuntutan walau kesannya lebih halus dan rapi.


5. Cinta
ini dia nih kasta tertinggi dari perasaan seseorang di dunia. nggak ada yang lebih dari kata C-I-N-T-A. ketika lo sudah bertemu cinta, lo juga akan bertemu yang namanya pengorbanan. karena tidak ada cinta yang benar-benar nyata didunia tanpa pengorbanan. jangan langsung percaya ketika seseorang berkata "Aku Cinta Kamu" karena kalau dia tidak menunjukkannya lewat tindakan nyata (sebuah pengorbanan), maka semua nya sia-sia belaka .
Ketika lo merasakan cinta, lo akan memberikan 100% yang lo miliki. ketika lo tau apa yang namanya cinta, lo tidak akan menuntut dia memberikan balasan. mengapa? alasan nya ada dua. pertama, karena lo cinta orang itu dan cinta tidak menuntut. kedua, karena cinta tidak menuntut, cinta hanya mengharapkan. lo akan menunggu, walau kadang lo tau penantian lo bakal sia-sia .
 lo akan tetap memperhatikannya, walau lo tau dia memperhatikan orang lain. lo tetap memandangnya, walau lo tau di bola matanya ada sosok lain yang ia dambakan. karena cinta berada di kasta paling tinggi, tidak heran tantangannya juga sangat besar.

lo yang mengerti cinta, berarti lo juga mengerti ketika seseorang menjadi dunia lo. seakan-akan, dia jadi pusat gravitasi yang selalu membuat lo jatuh berulang-ulang. walau ada rasa sakit, tapi lo indahkan karena dialah yang menjadi pusat dunia lo. lo selalu ingin melindungi nya, ingin cari perhatian nya, dan ingin selalu ada ketika dia membutuhkan lo . lo bahagia jika didekatnya dan akan merasa hampa jika jauh darinya . 






Para readers, sekarang kalian sudah tau kan perbedaan nya, sebelum kalian memberikan hatik kalian kepada orang lain, pahami dan dulu isi hati kalian, karena kalian mau memahami orang lain sedangkan kalian sendiri tak bisa memahami diri sendiri . 

kalau lo udah cinta, seberapa lama pun pasti bakal lo tunggu. 
Rangga sama Cinta aja udah 12 tahun nggak ketemu, masa lo yang baru seminggu nggak ketemu aja mewek nggak karuan?
Think again, maybe it,s not a love.

 

Referensi : IDNtimes.com


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »