Awal hingga akhir . Joyeux anniversarie mademoiselle !

Aku yakin hari ini adalah hari yang paling spesial untukmu dan juga ayah ibumu, karena hari ini tepat 15 tahun yang lalu, dirimu lahir didunia ini. Saat itu kamu menangis begitu keras ketika keluar dari rahim ibumu, tapi coba tebak, semua orang bahagia mendengar tangisanmu, bahkan ayahmu yang tak bisa menahan haru nya langsung mengumandangkan adzan ditelingamu, ia berharap kamu kelak akan menjadi seorang gadis yang baik, cantik, sholehah, sukses dunia akhirat dan pastinya setiap hidupmu selalu diridhoi Allah swt. sang pencipta yang membuatmu lahir didunia ini.
Kemudian, setelah mengadzani-mu, ia memberikanmu kepada ibumu yang tampak terlihat sangat lelah dan letih, tapi apa? ibumu tidak pernah menolak sedikit pun untuk menimangmu, bahkan dengan tenaga yang tersisa dia malah berusaha untuk menciumi keningmu, kemudian berkata kepada ayahmu "Sayang, apakah kau sudah menyiapkan nama untuk anak kita yang pertama ini?"
Ayahmu yang masih terharu pun menjawab pertanyaan itu dengan percaya diri "Tentu saja sudah, karena dia adalah seorang anak perempuan yang lahir saat malam hari dibawah langit penuh bintang, maka aku akan menamai nya dengan salah satu nama bintang yaitu ***** , bagaimana?"
Ibumu hanya tersenyum kemudia melihat kearahmu dan menyapamu "Hai ******" ibumu pun tersenyum, alih-alih ibumu mengira namamu hanya itu, ayahmu pun langsung berkata dengan semangat; "Kemudian setelah itu, aku juga berharap dia menjadi seorang yang sangat islami, rajin beribadah, taat pada orang tua dan selalu kuat iman nya, maka itu aku menyematkan nama agama kita, Islam ditengahnya, yah walaupun aku menambahkan 2 huruf dibelakangnya supaya terlihat indah, kemudian untuk nama terakhir nya kuberi nama Putri, selain menandakan bahwa ia adalah seorang perempuan, aku juga berharap dia bisa bersikap layaknya seorang putri, yaitu anggun, elegan, dan disenangi oleh semua orang"
Ibumu yang tadinya sangat lelah dan letih seketika energi nya seperti terestorasi mendengar arti dari namamu, dia benar-benar terlihat bahagia, dan menitikkan sedikit air matanya "Jadi arti namanya adalah seorang putri islami yang berasal dari bintang-bintang? nama itu indah sekali sayangku"
Ayahmu pun tersenyum dan memegang kaki kecilmu sampai seorang dokter anak mengambilmu untuk memeriksa keadaanmu. Malam itu ayah dan ibumu begitu bahagia.

Dan hari ini, kamu merayakan peristiwa itu untuk yang ke 16 kalinya, dan pagi tadi aku yakin saat kamu bangun tidur pada pagi hari tadi, dengan cepat kamu menghidupkan smartphone mu itu, mengharapkan akan banyak sekali teman teman mu yang mengucapkan selamat ulang tahun padamu, kamu tersenyum membalas pesan mereka satu per satu, dan  pada suatu pesan, secara tiba-tiba senyum mu hilang, tetapi berganti menjadi tawa kecil yang sangat bermakna ketika kamu membaca pesan dari cowok pujaanmu yang berisikan selamat ulang tahun dan doa-doa yang dipanjatkan nya untukmu plus emot cium [:*] dan peluk [({})] serta emot senang [:D] pun disertainya . kamu pun membalas pesan itu dengan hati yang bahagia, membalas ucapan selamat darinya dengan kata Makasih sayang yang dilanjutkan dengan emot-emot yang sepertinya sudah aku jelaskan tadi .
Setelah itu kamu bergegas kekamar mandi, dan bersiap untuk sekolah, disaat kamu keluar pintu kamar, kamu bertemu dengan ibumu kemudian ia pun mengucapkan selamat juga padamu, dilanjutkan oleh ayahmu, dan terakhir oleh adikmu walau ia sepertinya agak malu-malu .

disekolah kamu bertemu dengan teman-teman sekelasmu, ada yang sadar ataupun tidak bahwa hari ini adalah hari besarmu, mereka bergantian mengucapkan selamat padamu dan pastinya mereka minta ditraktir, tak ketinggalan kakak dan abang angkat mu pun juga memberimu selamat.


Dan sore nya kamu pasti akan diberi surprise oleh orang-orang terdekatmu, dilempari telur dan tepung bahkan mungkin disiram air got oleh teman-temanmu, kemudian setelah itu datanglah cowok pujaanmu sembari membawa kue ulang tahun yang bertuliskan HBD Sayang dengan lilin menyala diatasnya yang kemudian akan kamu tiup sambil menggumaman keinginan-keinginan yang kamu inginkan .
Bertepuk tanganlah semua orang yang ada disana, dan setelah itu kamu akan foto bersama cowok yang membawa kue ulang tahunmu .

Mungkin ini adalah hari yang sangat membahagiakan bagimu, dan mungkin patut dicap sebagai The Best Day Ever In 2015 .
Dan setelah semua kejadian menyenangkan tadi terjadi, disaat kamu ingi tidur dan mulai berselimut, kamu membuka smartphone mu dan melihat sebuah pesan dariku, yaitu pesan yang berisikan selamat . mungkin kamu akan berdecak heran, mengapa aku mengucapkan selamat padamu disaat hari sudah malam dan akan berakhir . Ini Cowok pasti lupa sama ulang tahunku, yaudahlah bilang makasih aja deh, kasian .

Wajar jika kamu menganggapku lupa, bahkan bukan kamu saja, semua orang juga pasti akan menganggapku lupa bahkan sahabat terbaikku sendiri sampai-sampai dia bilang "dia ultah njirr" aku hanya membalas "Ya, gue tau kok"

Tapi, serius akuku benar-benar tidak pernah lupa pada hari besarmu ini, ketahuilah bahwa 3 jam sebelum jam 00.00 malam sebelumnya, aku tak bisa konsentrasi untuk menghafal materi-materi pembelajaran yang akan diujiankan keesokan nya, dalam benakku hanya bisa memikirkan mu besok, mungkin jika aku kekasihmu aku tidak perlu semumet ini, karena tinggal beli kue dan hadiah kemudian melempari mu dengan telur dan jadilah surprise yang menandakan bahwa dia sangat sayang padamu . tetapi jika aku? jika aku melakukan apa yang kekasihmu lakukan, pastinya yang pertama aku dianggap bodoh karena aku bukan siapa-siapamu, kemudian aku juga dianggap merendahkan harga diriku sendiri karena terlalu mengharapkanmu dan yang terakhir aku juga dianggap sangat aneh dan tak tau malu karena berani-berani nya melakukan apa yang seharusnya kekasihmu lakukan, bukan aku .

Aku pun bingung dengan apa yang akan aku lakukan besok sehingga aku pun membuat Personal Message pada BBM  "Tomorrow is a very big day, but i am very useless"
Dan beberapa saat kemudian editor-ku Santy, mengomentari "Emang besok hari apa? kamu mau nembak cewek ya?"
Kemudian aku menjawab "Bukan hahaha, pokoknya besok itu bukan big day buat saya tapi buat dia, tapi saya nggak mampu merayakan nya"

"Kalo nggak bisa merayakan nya secara langsung kenapa nggak lewat surat aja? Cerpen ataupun yang lain . Ngerayain bukan berarti harus disampingnya tan. yang beda justru yang berkesan"

"Iya rencana nya mau gitu, soalnya kalau mau merayakan secara langsung nggak mungkin, karena dia ngeliat muka saya aja nggak mau lagi, itu masalahnya, alasan nya? karena kebodohan saya dimasa lalu"

"Saya mah gaktau kamu bikin salah apa. kalo segitu berharap sama si cewek, lakukan apapun . tapi kalo uda usaha tapi gak dihargai mikir dua kali deh tan"
Setelah Santy bilang bahwa aku harus mikir dua kali untuk tetap memperjuangkanmu, aku sedikit putus asa . dan setelah itu Santy melanjutkan omongan nya .
"Perjuangkan hal yang emang berharga buat diperjuankan, tapi tinggalkan ketika itu menyakiti dan merugikan diri sendiri tan. Mungkin kamu nggak sadar betapa banyak kesempatan lain yang terbuka saat kamu sibuk berharap di kesempatan yang udah ketutup"

Sepanjang malam itu saya curhat pada Santy tentang dirimu . dan akhirnya sampailah kami diujung pembicaraan .
Santy mengatakan sesuatu yang sangat telak menghujam dadaku "Cewek emang lebih rumit dari belajar. Pada akhirnya keputusan kembali ke kamu. Cepat-cepat berhenti menyakiti diri kamu dengan MENIKMATI rasa kehilangan perhatian dia, atau lanjutkan terus sampe batas nggak tertolong dan akhirnya kamu bakal sadar kalau semua ini, impian dan mimpi-mimpimu hanya fatamorgana. Melupakan memang susah tan, tapi menikmati kesengsaraan benar-benar tindakan bodoh"

Aku hanya diam dan tak bisa berkata-kata, Santy benar-benar menghujamkan kata-katanya kepadaku . Setelah beberapa detik keheningan Santy mulai ngoceh kembali, tapi kali ini dia sedikit menenangkanku "Emang berat tan, saya juga tau. saya juga gak bisa bilang bahwa semua bakal baik-baik aja, karena gak ada yang sedang baik. susah emang tapi berusaha deh"

"Iya saya tau itu, dan mungkin karena besok adalah hari spesialnya, saya akan buat cerita tentang nya untuk yang terakhir kali, boleh kan? ya sekedar untuk melakukan tindakan bodoh untuk terakhir kali nya"

"Ya boleh tan. saya sebagai editor nggak berhak nge-judge hal yang kamu kerjakan. saya cuman kasih saran dikit tadi tapi jangan lupa jika kamu buat cerita juga ucapkan ke dia, jangan cuman dicerita saja"

"Baiklah, saya akan coba berani"

"Oke semangat tan. jika ada apa-apa kamu bisa cerita ke saya, walaupun sedikit memalukan ingat hasil nya tan, ingat perbuatan bodoh yang memalukan, ingat semua nya, ingat konsekuensi kalo tetap menikmati kesengsaraan"

Dan segera setelah percakapan itu, aku diliputi kehingan malam kembali . aku mulai menulis cerita ini untukmu, cerita yang mungkin tak akan pernah kamu baca.

Dan pada akhirnya, bagimu aku hanyalah cinta yang tak diizinkan bersuara sehingga harus menulis cerita, dan aku pun serasa hilang ketika diterpa angin malam, ketika mengingatmu lebih memilihnya. karena mungkin bagimu, aku hanyalah pena yang tak bertinta, yang takkan mampu menemanimu menulis cerita cinta.
Dan ditengah perjalanan ini inginku berhenti sejenak ditepian danau yang berair sunyi, membasuhi semua luka yang tergores sempurna di raga ini.

Dan sampaila kita pada halaman terakhir jurnal-ku tentang dirimu, untuk hari spesial mu ini, maafkan aku tak bisa memberimu apa-apa selain cerita ini, dan maafkan juga aku tak bisa mengucapkan sebagai orang pertama, tetapi malah jadi orang yang terakhir .
Kamu mungkin akan menganggap remeh semua yang kulakukan pada hari ini, tapi ketahuilah bahwa ini semua penuh makna.
aku memberikan hadiah mu sebuah cerita di blog, karena aku yakin hadiah ini bakal abadi walau kamu tak ingin menerimanya, berbeda dengan boneka ataupun barang lain nya yang diberikan oleh orang lain, itu pasti akan rusak seiring berjalan nya waktu. dan mengapa aku mengucapkan sebagai orang yang terakhir? karena aku sadar aku bukanlah orang yang selalu pertama kamu pikirkan pada saat pagi hari disaat kamu bangun dan ketika ingin tidur. tetapi aku hanyalah orang yang terakhir, yang hanya sesekali kamu pikirkan itupun dengan secara tidak sengaja, untuk itu maafkan aku karena menjadi orang yang terakhir karena ketahuilah, bahwa aku ingin sekali menjadi yang terakhir untukmu.

Joyeux anniversarie mademoiselle ! in English it means Happy birthday my girl !

And last but not least, Happy birthday, i wish you all the best, long life, and always keep your beuatiness :D
Allah always bless you and HEY! i was never forget your special day .
I just want to be the last, but i'm not sure i'm the last. Am i the last?






Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

4 komentar

komentar
9 Desember 2015 pukul 17.06 delete

=D Makasih nada, sering-sering mampir ya (h)

Reply
avatar
10 Desember 2015 pukul 15.13 delete

Cerita anjir, "am i the last ?" baver njir baver 😂😂

Reply
avatar
10 Desember 2015 pukul 21.03 delete

nggak tau mesti reply apa ;-(
anw, makasih udah mau baca bro

Reply
avatar